Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Kamis, 12 Februari 2009

Donat Pisang Uenaak



Setelah sukses dgn Mama Odi bikin donken kali ini giliran donat pisang.

Kemarin ada pisang sunpride yg sdh ke-mateng-an (kyknya anak2 lagi ga suka pisang)... inget2 Uni Dewi pernah bilang di blognya ada resep donat pisang, tapi mau browsing ga dpt sinyal terus..udah coba berkali-kali plus pindah-pindah ruangan sampai ke garasi juga kok lagi ga bisa connect ya.. akhirnya bongkar koleksi majalah sedap sekejap pemula jaman dulu kyknya pernah ada donat pisang... eh bener ketemu... jadi deh pisang itu disulap jadi donat pisang... dan anak-anak bilang enak.. hihi..pisangnya akhirnya masuk juga ke perut mereka.


Resep Donat Pisang

Sumber : Majalah Sedap Sekejap Pemula



Bahan :

100 gr tepung segitiga

400 gr tepung cakra

100 gr gula pasir

11 gr ragi instan

1\2 sdt garam

3 kuning telur

100 ml air

100 gr mentega

300 gr pisang ambon dihaluskan

(klu aku di parut pakai parutan keju, jadinya halus juga kok)

Taburan : gula donat (rasa gulanya dingin-dingin gitu)



Cara Membuat :

1. Ayak tepung terigu masukkan gula pasir dan ragi

2. Tambahkan garam, air dan telur. Uleni hingga kalis.

3. Tambahkan mentega dan pisang yang sudah halus. Uleni lagi sampai elastis.

4. Diamkan adonan 20 menit.

5. Timbang adonan 30 gram (aku- 40 gr) lalu bulatkan.

(aku- taro adonan di meja yang dipoles mentega dikit supaya ga nempel - klu nempel donatnya jadi ga cantik)

6. Lubangi tengahnya (aku- tidak dilubangi), diamkan lagi 10 menit.

7. Goreng sampai matang.

(aku- tusuk bulatan adonan dengan satu sumpit ditangan kanan terus tusuk dengan sumpit satu lagi dengan tangan kiri lalu adonan diputar-putar antar sumpit supaya berlubang..hahaha gimana jelasinnya ya.. hrs bikin video nih... terus adonan ditaro di kuali sambil diputar sebentar dengan gerakan centrifugal 'ngambil istilah Mbak Fat' setelah matang bagian bawahnya baru di balik kalau sudah matang semua diangkat -waktu ngegoreng jangan dibulak balik ya... baliknya sekali aja supaya ada garis putih tipis disisinya... cantik deh)

8. Sesudah dingin masukkan gula donat agak banyak ke dalam kantong plastik agak besar (uk. 2 kg) baru masukkan donatnya satupersatu lalu plastiknya di gembungkan dan donatnya dikocok-kocok bareng gula.... taraaaa donat cantik berbedak jadi deh...

9. Nyeduh Cappucino segelas gede.

10. Duduk depan TV sambil nonton 'Suami-suami Takut Istri' hahaha....




8 komentar:

yaser amri mengatakan...

makasih resepnya, kalo pake pisang banten bisa gak ya?

Yenny Wijaya mengatakan...

dear yaser amri...
pisang banten seperti apa ya... aku belum tahu.. biasa sih pisang ambon...

Didot's Blog mengatakan...

kalo pake pisang RAJA gmn??

Yenny Wijaya mengatakan...

to didot ;
aku blm pernah pakai pisang raja...
selain pisang ambon pasti ga ada bau pisangnya deh... tp dicoba aja nanti report lagi ya...

Anonim mengatakan...

mbak aku udah coba donat pisangnya, uenaaak. cuma ada satu ganjelanku, kenapa ya kalo bikin donat warnanya gak bisa kuning emas kayak punya mbak gitu, selalu kecoklatan, padahal nggorengnya udah pake api terkecil. sebagai info aku pake kompor rinnai. kalo aku goreng sampe warna kuning emas, dalemnya blom mateng, kalo sampe mateng warnanya yg jelek. trus biar bisa garing gak berminyak gitu pake minyak apa, belinya di mana, selama ini aku pake minyak tropical, atas infonya makasih banget

DE Inc mengatakan...

mbak, klu apinya kekecilan donatnya jadi berminyak...
klu kebesaran udah coklat tp blm matang, jadi mbak hrs pandai menyetel posisi api ... ga ada rumus matematika nya dan jangan lupa minyaknya hrs buaaaaanyaaaakkkkk ya... klu minyak sedikit cepet panas ..

yenlin mengatakan...

iya nih yin, punyaku padahal digoreng ga dibolak balik tapi ga bisa mendapatkan garis putihnya. kenapa ya?

Yenny Wijaya mengatakan...

klu ga ada garis putihnya berarti adonan kurang kalis atau kurang lama waktu untuk mengembangnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...