Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Selasa, 17 Maret 2009

Singkong Goreng Keju


Akhirnya hari ini berhasil juga mempraktekkan Singkong Goreng yang ternyata guampang banget bikinnya.
Dulu semasa masih kerja kantoran, aku punya langganan tukang gorengan (hihi... jajanan kurang sehat ya....) mangkalnya di eks halte Telkom seberang Mall Taman Anggrek.... singkong goreng si Abang rasanya TOP BGT deh... aku sering ngobrol dan dikasih tau kalau bikin singkong goreng jangan di rebus atau dikukus... lha jadi bagaimana... langsung aja goreng... terus direndam di air berbumbu lalu goreng lagi sampai kering.... hm...ya..yaa... aku catat dalam hati cara membuatnya... setelah masa itu tiba-tiba di daerah tempat tinggalku banyak bermunculan tukang singkong goreng keju ala bandung.. ga jelas apa bener asalnya dari Bandung (menurut teman-teman gimana...) Nah... yang dagangan begini tiba-tiba jadi larizzzzz banget... terus kalau aku dan teman-temanku lagi ngobrol tentang singkong... ga ada yang percaya kalau bikin singkong gorengnya digoreng dulu... iiihhh gemezzz... mereka semua bilang ya dikukus atau direbus.... termasuk kalau aku beli singkong dirumah sama asisten langsung direbus terus sesudah empuk baru digoreng... daaaaannnn tau kan berapa lama merebus singkong sampai empuk merekah....

Nah.. hari ini aku beli singkong lagi...aku olah sendiri...goreng..rendam...goreng...praktis...cepet selesai dan enaaakkkkk... singkongnya gempur....







Singkong Goreng Keju
Ala CakeStation

Bahan :
1 kg singkong, dibersihkan lalu potong-potong
6 siung bawang putih dihaluskan
2 sdm garam

Cara membuat :

Singkong yang sudah dibersihkan langsung digoreng dengan api sedang dan minyak yang banyak sampai matang.

Sesudah matang tiriskan singkong lalu rendam di air berbumbu bawang putih dan garam (kalau suka bisa ditambahkan ketumbar)

Rendam sampai merekah (aku - cuma 5 menit juga sudah mulai merekah.... karena ga sabar nunggunya...haha...)

Goreng singkong yang sudah direndam tadi sampai garing.

Tata singkong goreng di piring, poles mentega sedikit lalu taburi keju parut...

Nyam..nyam..

18 komentar:

ajiepro mengatakan...

goreng pertama kira kira berapa menit ....trus angkat goreng lagi

Yenny Wijaya mengatakan...

kemarin itu aku goreng sampai matang tp ga sampai 'kering'

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya aku dapat resep singkong keju kesukaan suamiku. makasih ya mbk..., aku mau coba resepnya nih, siapa tahu jadi biar suami tambah seneng and sayang...

sendi's blog mengatakan...

mbak, mbak, mbak, untuk air bumbu kira2 berapa ml/cc ya, sedangkan kalau saya mau tambah ketumbar ditambahkan berapa banyak????

wijaya.andi75 mengatakan...

mantap singkong kejunya

SPLITBOOK mengatakan...

mantap....mumpung lagi ujan plus dingin cuacanya,,,langsung praktek aja,,moga2 bisa..xixi

Anonim mengatakan...

Mantaap.entar tak cobaa aaaa,makasih mbak yenn

Anonim mengatakan...

Resep mb emg top

Yenny Wijaya mengatakan...

sukses kah ibu uji cobanya ?

Anonim mengatakan...

Mba,,, kmrn aku coba.. pas pertama berhasil,, seneng banget.. ^^
Yang kedua aku bikin agak banyak.. malah GAGAL semua.. padahal singkong yang dipake sama... semua prosesnya sama.. Knp ya Mbak ?
Thank's

Yenny Wijaya mengatakan...

singkongnya udah nginep kali ... atau kurang lama rendamnya atau kematengan ngegoreng yg pertama ... bisa banyak sebab karena memasak itu ga bisa 1+1 = 2 ... hm ...

Mashabi Hidayat mengatakan...

Air untuk rendaman singkongnya itu berapa banyak
please reply....! :)

Yenny Wijaya mengatakan...

berapa banyak? sampai singkongnya kerendam aja... klu ga kerendam nanti ga ada rasanya dong...

Anonim mengatakan...

Aku kog gagal ya? Padahal udah ikut'in petunjuknya nich...;( Apa yg salah ya?
Goreng yg pertama kali nya sampai matang(kuning kecoklatan), kira2 harus berapa lama ya?
Lalu untuk aier rendamannya, pake air biasa atau harus pake air dingin/air es?
Please reply.......

sofi bahrie mengatakan...

Tks mbak resepnya, month coba dulu yg dikukus dan digreng. Mana yg paling mak nyus

Yenny Wijaya mengatakan...

supaya berhasil jangan pakai singkong kecil... tidak semua singkong bisa mekar..
klu singkokng yg bisa mekar bisa dimekarkan dengan baking powder
tapi kita kan maunya alami yaaaa
klu pakai bantuan bahan kimia udah ga menantang lagi...
selamat mencoba ya

Fitra mengatakan...

Ga semua singkong bisa mekar tapi msh bisa diakalin biar mekar, waktu hbs goreng setengah matang trus direndam tapi ga mekar..selanjutnya singkong direbus aja bererta air rendaman kira2 10-15 menit sampai mekar..saya pake cara ini dan berhasil...

Yenny Wijaya mengatakan...

wah ... sip sip ada tips tambahan nih... tq

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...