Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Jumat, 14 Mei 2010

Martabak Bolu



Martabak ini sudah sering aku buat tapi baru sekarang sempat menuliskan step by stepnya.
Review atas martabak ini aku tunggu ya.... karena menurut aku martabak ini seperti bolu, bukan seperti martabak bangka.. mungkin karena pakai ragi jadi seperti bolu...
but after all... tetap enak buat malam-malam dan bisa buat sarapan coz tidak akan mengeras... simpan aja di wadah kedap udara... buat bekal pagi okeh banget tuh...

Martabak Bolu

A
200 gr terigu segitiga
35 gr gula pasir
1\2 sdt baking powder
1\2 sdt garam
270 ml air
1 sdt ragi instan

B
3 telur
1\2 sdt soda kue
40 gr gula pasir

Cara Membuat :
1. Campur dan aduk rata bahan A diamkan minimal 2 jam.
(kalau udara agak dingin -malam- mungkin bisa sampai 2,5 jam)



2. Kocok bahan B, campurkan ke bahan A yang sudah mengembang.
3. Panaskan teflon dengan api kecil. Teflonnya jangan di oles mentega atau minyak.
(aku pakai teflon 28 cm)



4. Tuang adonan, kecilkan api.
Kalau pakai teflon biasanya suka rada hangus, karena itu pakai api kecil saja, tunggu sampai muncul gelembung-gelembung di permukaannya.



5. Kalau sudah timbul gelembung walaupun belum rata, ambil segenggam gula pasir lalu taburkan rata diatas permukaan adonan.



6. Tutup sebentar adonan supaya atasnya matang.



7. Setelang matang, segera pindahkan martabak ke atas talenan atau alas lainnya, beri 2 sdm mentega (atau lebih spy 'banjir'), ratakan, taburkan topping kesukaan misalnya keju, coklat mesis, coklat kacang wijen atau apa saja sesuai selera, terakhir siram martabak dengan susu kental manis sampai rata.
( biasa aku masukkan susu kental manis ke dalam kantung segitiga lalu di coret-coret ke atas martabak)



8. Belah martabak jadi 2, jangan sama besar, yang satu bagian harus lebih besar sedikit spy klu di tangkupkan bisa tertutup. Olesi lagi permukaannya dengan mentega.



Tips :
Martabak yang enak adalah martabak yang 'basah'... hehe maksudnya basah mentega dan susu kental manis... tapi aku pikir itu kurang sehat jadi aku selalu memakai mentega dan susu sekedarnya saja... itulah makanya martabaknya keliatan kurang berminyak...

Kalau mau lebih bersarang, adonan A di koplok-koplok sebentar sampai liat dengan sendok kayu baru didiamkan.

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbak Yenni,aq mau tanya waktu buat martabak tp bukan resep dr mbak,koq gak bisa mumbul adonannya waktu diangkat dr teflon,tetap tipis.salah dimn ,ya ?

Anonim mengatakan...

Hallo mbak,aq mau tanya lagi nih,kemarin aq udah nyoba resep dr mbak,martabak bolu.waktu bahan B dicampur ke bahan A yg udah mengembang,berapa menit ngocoknya?aq kira2 sendiri,tp hslnya kurang berserat adonannya.o ya,aq pake teflon ukurn 25 cm.jd,masknya dgn api kecil butuh 1/2 jam baru dalamnya mateng betul.wkt dimakan stlh mateng,kulitnya agak keras.apa krn kelamaan masknya,ya mbak?tak tunggu advicenya.tks GBU.

Yenny Wijaya mengatakan...

buat martabak selain adonan yang paling penting waktu manggangnya, masalah biasanya ada disini, klu api kurang panas alias kekecilan bisa tidak bersarang dan menjadi keras kulitnya. coba lagi ya mbak... feeling penting banget waktu mainkan kecil besarnya api.

DapurYanda mengatakan...

Mbk yenny aku ijin copas resepnya ya,,,kangen martabak nih,,hehehe,,makasih sebelumnya

Yenny Wijaya mengatakan...

lah iya mbak klu 30 menit baru matang kelamaan tuh masaknya... martabak dan kue-kue lain yang berpori dan berserat memang kue syusah di buatnya... latihan aja ya...
selamat berjuang...

Anonim mengatakan...

mbak apakah ini resep martabak asli seperti yang mbak jual?

aenurofiq nisa mengatakan...

kalo ragi nya diganti soda gimana mbak???

sari bumbu mengatakan...

terima kasih resep martabaknya mba yenny

Yenny Wijaya mengatakan...

ada resep martabak lain yg ga pakai ragi... tapi yg ini kebetulan pakai ragi...

Emas Batangan mengatakan...

Mantap resepnya

Dari tampilan enak enak dan lezat

Handuk mengatakan...

Thanks untuk resepnya

Nanti week end mau coba dengan anak

Yenny Wijaya mengatakan...

selamat mencoba mbak ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...