Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Senin, 10 September 2012

Roti Goreng Abon


Coba deh membuat roti goreng ini, pasti nagiiiiih... cemilan enak dan murah di sore hari...
kuncinya : uleni adonan sampai bener-bener kalis atau kalau mau praktis pakai mikser heavy duty aja pasti jadi deh... tinggal pencet tombol lalu lupakan... wkwkwk... jangan dilupakan dong memangnya bisa mateng sendiri rotinya....
yaaaa setidaknya kalau pakai mikser heavy duty tidak terlalu repot seperti menguleni dengan tangan. Mari menabung beli mikser....



RESEP ROTI GORENG ABON

Bahan :
500 gr tepung terigu cakra
200 gr tepung terigu segitiga
1 bungkus ragi instan (aku pakai fermipan)
5 gr garam
120 gr gula pasir
5 gr bread improver (bisa pakai soft bread yang ukuran sachet, ditimbang 5 gr)
120 gr mentega / margarin
20 gr bread emulsifier
(kalau tidak punya sementara bisa pakai cake emulsifier seperti sp atau ovalet atau tbm atau bisa juga bahan ini tidak pakai - bahan ini untuk melembutkan saja, tanpa bahan ini roti goreng tetap bisa dibuat dengan rasa yang enak)
1 butir telur
300 ml air (jangan masukkan air sekaligus karena bisa terjadi air yang diperlukan kurang atau lebih dari 300 ml -sesuaikan dengan kondisi adonan-)
secukupnya abon ayam/sapi
secukupnya tepung panir






Cara Membuat :
1. Campur dan aduk rata bahan kering (tepung, ragi garam, gula, bread improver)
2. Tambahkan mentega dan bread emulsifier, uleni
3. Tambahakan telur dan air, uleni sampai benar-benar kalis
(jangan lupa pemakaian air disesuaikan dengan kondisi adonan saat diuleni, tidak ada patokan baku untuk jumlah air, tapi yang jelas perkiraannya adalah sekitar 300 ml)g
4. Setelah adonan bener-benar kalis, istirahatkan selama 10 menit
5. Potong timbang adonan @ 40 gr (bisa jadi sekitar 32 pcs)
6. Istirahatkan adonan yang sdh dibulatkan 10 menit
7. Isi tiap bulatan dengan abon ayam / sapi sambil dipipihkan sedikit

8. Istirahatkan sambil menunggu semua bulatan diisi abon
9. Panaskan kuali dengan minyak yang banyak
10 Celup tiap bulatan pada air lalu balurkan dengan tepung panir lalu goreng dengan api kecil sampai matang
(pastikan mendapatkan ukuran api yang tepat, kalau kebesaran bagian luar cepat gosong sedangkan bagian dalam masih mentah, tapi kalau api kekecilan maka roti akan terasa terlalu berminyak)




2 komentar:

Fikrisu mengatakan...

nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepnya, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich...hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH...

Brigita Retnaningtyas mengatakan...

enak mba... empuk... paling enak emang kalo diisi daging ya.. makasih sharing resepnya ya mba... :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...