Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Senin, 04 Juli 2011

Kue Ku Fantasia




Kali ini kita coba membuat kue tradisional yuk....
sebenernya kue tradisional adalah jenis kue yang jarang aku buat...

Cetakan yang aku pakai kali ini adalah cetakan agar-agar atau jeli atau es batu juga bisa ...
- tidak harus cetakan kue ku yang dari kayu itu -


ayo... kita buat sama-sama



KUE KU

Bahan isi :
250 gr kacang hijau kupas
-rendam sekitar 1 jam lalu kukus sampai matang-
100 gr gula pasir
3oo ml santan



Setelah kacang hijau matang, haluskan sampai lembut.

Lanjutkan dengan mencampur semua bahan isi lalu dimasak dalam kuali sampai mengumpal.




Bentuk jadi bulatan-bulatan supaya mudah waktu mengisi ke kulitnya nanti.


Bahan Kulit :
200 gr tepung ketan
50 gr gula halus
1 sdm minyak goreng
140 ml santan
sejumput garam

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan kulit lalu uleni sampai lembut.








2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu beri warna.

Siapkan cetakan yang akan dipakai untuk mencetak, poles rata dengan minyak.

( aku pakai cetakan plastik jadi dipoles minyak supaya tidak menempel, kalau pakai cetakan kayu, cetakannya di tabur tepung ketan supaya adonan tidak lengket dicetakan)

Jangan lupa adonan diisi dengan bulatan kacang hijau dulu sebelum ditekan-tekan ke dalam cetakan.
Pastikan bentuk adonan sudah mengikuti cetakan dengan rapih sebelum dilepaskan.






3. Lepaskan adonan dengan cara di ketuk-ketuk sampai lepas dari cetakan.
Susun adonan yang sudah dicetak dengan dialasi daun pisang satu persatu.
(kalau tidak dialasi nanti akan menempel saat di kukus)



Sebelum dikukus aja sudah cantik ya....



4. Kukus kue ku dalam dandang yang apinya tidak terlalu besar selama 15 menitan.

(kalau perlu sesekali buka tutup dandang selama mengukus supaya tidak terlalu panas, kalau kepanasan bentuk kue ku akan 'meleyot'... hehe meleyot itu apa ya... hm... kayaknya pengertian yang pas kue ku jadi agak lembek dan berubah bentuknya kalau dikukusnya kepanasan....)




5. Angkat kue ku yang sudah matang lalu poles dengan minyak supaya mengkilap cantik.


1 komentar:

rembulan mengatakan...

Terimakasih share nya bu,bermanfaat skali. Ngmong2 itu cetakan puding dr bhan plastik gt ya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...