Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Jumat, 25 Februari 2011

Bolu Gulung - Bagaimana Menggulungnya....



Kita mulai dari cake yang sudah jadi.

Kalau mau resepnya browsing aja, banyak kok tersebar disana dan disini,
dalam membuat bolu gulung yang penting adalah cara memanggang dan menggulungnya...




Kalau aku biasa memanggang kue dengan posisi loyang seperti ini :
maksudnya loyang kue selalu aku alasi lagi dengan loyang yang lebih besar
untuk kue apapun selalu aku panggang dengan cara seperti ini
(tapi belum tentu sesuai untuk oven yang teman-teman miliki ya... kebetulan api oven aku agak susah untuk dikecilkan karena cocok untuk roti -yang perlu api besar- jadi aku akali ovenku dengan menggunakan loyang bertumpuk untuk menghindari hangus bagian bawah)



Nah kalau untuk bolu gulung, beberapa menit sebelum kue dikeluarkan dari oven
(kira-kira kue sudah sampai setengah matang )
aku tambah alas loyang nya (seperti gambar)

-tujuan aku untuk menjauhkan bagian bawah kue dari api dan mendekatkan bagian atas kue ke panas supaya permukaannya cepat kering tapi bagian bawah tidak kematengan-

maaf fotonya pakai loyang kosong karena aku lupa motret waktu posisi diganjal pakai loyang tambahan


Sebelum membalik kue pastikan keempat sisinya sudah lepas dan tidak menempel di loyang.


Tuang hati-hati, pastikan bagian bawah cake tidak menempel di loyang,
alasi dulu loyang dengan kertas roti, jadi kalau cake dibalikkan tinggal di buang saja lapisan kertasnya terus olesi selai sampai rata.
Kali ini aku tidak pakai kertas kue jadi bagian bawah kuenya tidak mulus karena masih ada kulit kuenya.

Selai yang aku pakai selai nanas.

Balikkan kue ke alas kertas roti.



Tekan-tekan sedikit bagian yang akan digulung sebelah dalamnya supaya agak 'gepeng'




Beri tanda beberapa guratan di beberapa tempat supaya mudah menggulungnya
membuat guratannya lakukan ringan dengan bagian tumpul ya...
jangan sampai teriris lho..




Mulai menggulung dari satu sisi, pastikan rapiiiiiih banget lipetannya baru lanjutkan menggulung



Selesai deh bagian tersulitnya...


Padatkan sedikit supaya waktu diiris cakenya tidak ada bagian yang 'kopong'



Taraaaaa bolu gulung cantik manis sudah siap di kirim...



Selamat mencoba....
ingat suskses tidaknya tergantung latihan memanggang dan menggulung yang teman-teman lakukan...
bukan tentang teori karena itu kalau belum sukses, belilah lagi telor mentega gula terus kocok kue lagi dan coba panggang - gulung sampai sukses......

4 komentar:

UmmunyaShafaSyakirah mengatakan...

mba saat membalikan bolu ke kertas roti, bolu dlm keadaan msh panas atau sudah dingin?

UmmunyaShafaSyakirah mengatakan...

mba saat membalikan bolu dari loyang ke kertas roti. bolu dalam keadaan masih panas atau sudah dingin??

Anonim mengatakan...

mbak bolu gulungku koq bs mengkeret ya?padahal tepi loyang gak aku kasih margarin.trus saat diangkat, kulitnya koq lemes n bunyi kress kresss gtu tp bagian pinggir2nya udh agak kering.itu knp y?

Anonim mengatakan...

mbak...sy br belajar bikin kue, wkt bikin bolu gulung kukus knapa ya wkt digulung rotinya retak smua jd ga bisa digulung....mhn advise-nya..makasih byk...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...