Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Selasa, 31 Agustus 2010

Ayam Goreng Kentucky ala CakeStation



Anakku suka sekali ayam tepung seperti ini (rasanya semua anak kecil kali ya...)
entah mengapa bikin ayam ala kfc ini kok susah sekali... biasanya tepungnya ga 'keriting'
padahal kalau lihat abang-abang yang jualan kok kayaknya mudaaaah sekali, cuma aduk-aduk ayam mentah ke dalam tepung terus goreng..... taraaaa... jadi deh...

Untuk menemukan resep sederhala ala aku ini, aku sampai 4 atau 5 kali buat ayam kfc, sampai aku eneg deh sama ayam... hehe... tapi anakku mah malah senang... tumben mama kok ga nyuruh makan sayur..... hahahaha....

Ada yang ga keriting ( ini mah sudah biasa ya ga ibu-ibu),
yang rasa bumbunya ga meresap ke dalam daging,
yang dagingnya masih agak mentah,
yang kulitnya kehangusan,
yang asiiiiin,
yang hambar,
walah macem-macem deh.... tapi karena terobsesi akhirnya hasil utak atik jadilah juga resepnya...
silahkan kalau mau dicoba....

Ini adalah resep yang sangat sederhana tapi dengan hasil yang cukup maksimal.
Menurut anak-anakku katanya ayam kentucky mama rasanya nomor satu.....
ngalahin yang lain deh.... duh sangat menghibur...



Resep Ayam KFC
ala CakeStation


Bahan ayam diungkep sampai matang :
1 kg ayam, dipotong 8
(kalau aku suka ayam yang kecil, klu terlalu besar selain 'serem' juga terlalu banyak lemak, karena itu saranku pilihlah ayam broiler yang beratnya kurang dari 1 kg untuk 1 ekor ayam)
1 bungkus SASA Spicy Chicken
(maaf sebut merk, bukan bermaksud promosi ya... karena menurut aku takarannya sudah pas kalau mau cara yang simpel, dari pada harus ngulek bawang merah, bawang putih, cabe, lada, dll nya)
300 ml air



Bahan kering di aduk rata :
3 bungkus SASA kentucky
(maaf sebut merk, boleh juga dicoba merk lain kalau merasa lebih cocok)
150 gr tepung terigu segitiga
50 gr sagu
1 sdm baking powder
1 sdm garam


1 liter air matang untuk merendam atau menempelkan tepung

2 liter minyak untuk menggoreng ayam






campur ayam dengan bumbu spicy chicken dan air lalu ungkep atau rebus dalam kuali sampai ayam matang.



ayam yang sudah matang baluri dengan bahan kering sambil dibulak-balik dan sedikit diremas-remas.
ambil ayam sedikit ditepuk-tepuk supaya sisa tepung yang tidak menempel rontok, masukkan ke dalam rendaman air matang sebentar saja
ulangi lagi balur dengan tepung sambil meremas dengan halus dan aduk bulak balik ayam dalam timbunan tepung sampai muncul sedikit keriting dibagian kulit.

Kalau tepung masih dirasa kurang tebal, bisa ulang celup ke air lalu terakhir ke tepung lagi.
tapi kalau terlalu tebal juga kurang enak karena kompor gas rumah tangga tidak bisa menghasilkan gorengan renyah seperti kompor gas yang apinya besar itu.

tips :
sukses atau tidak tepungnya 'keriting' adalah waktu meremas dan membulak balik ayam pada tepung.
kalau terlalu kuat meremas rasa kulitnya nanti agak liat dan keras, kalau terlalu ringan kurang 'keriting'
jadi dicoba-coba aja ya... lama-lama juga jari-jari kita menjadi pandai....



Goreng ayam yang sudah dilumuri tepung dalam minyak banyak dan panas sedang sampai tepung matang.
kalau minyak kurang banyak, akan mempengaruhi keritingan kulitnya.




Tiriskan



yummy... yummy...



Dijamin mirip KFC karena bumbu spicy chicken ada rasa pedasnya sedikit, tapi buat anak-anak ga terlalu terasa pedas kok, anakku saja yang sangat tidak suka pedas tidak tahu kalau ayamnya spicy... dia tahunya ayamnya enakkkk...

2 komentar:

momy muda mengatakan...

waaahhh udah berhari" nyari resep yang simple...
akhirnya ketemu juga...
thanks banget nih jeng, nanti sore langsung saya coba buat buka puasa.. hihihihii..

semoga bisnis kuenya lancar yaaaa
amiiinnn.... ^^

Yenny Wijaya mengatakan...

selamat mencoba... klu belum berhasil keriting coba lagi yaaaa....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...