Silahkan dicontek resep-resep aku lengkap dengan cara pembuatannya... gantinya mohon doakan bisnis kue aku supaya lancar ya temans.... Kalau masih kurang mantap buat kue secantik dan seenak buatan aku... jangan ragu untuk pesan aza... Selain harganya ekonomis, cakenya dijamin enak dan butter creamnya tidak eneg deh...!!!

Kamis, 20 Agustus 2009

Kue Soes



Ini dia kue kesukaan aku dan keluargaku... buatnya mudah kok asal diikuti step by stepnya.


Kue Soes
Resep asli dari sedap sekejap

Bahan Kulit Soes :
250 ml air
1\2 sdt garam
125 gr margarin
150 gr tepung cakra
4 butir telur yang sedang besarnya

Cara Membuat :
1. Didihkan air, garam, margarin
2. Masukkan terigu, aduk sampai kalis baru angkat dari api lalu dinginkan hanya sampai uapnya hilang.
(jangan mematikan api kompor waktu tepung masuk tapi belum diaduk sampai kalis, jadi aduk dulu sampai kalis baru matikan kompor, karena itu setelah mendidih kecilkan saja api kompor )

Ini penampakan step 2 :



3. Tambahkan telur satu persatu sambil di aduk atau di kocok mikser dengan kecepatan paling rendah.

Ini penampakan setelah telur ditambahkan ke adonan :



4. Semprotkan adonan di loyang yang disemir margarin tipis.

Ini penampakannya plus ada rekaman menggerakkan spuitnya, maaf kalau amatir karena dishoot dengan kamera biasa dan sendirian...hihihi.. jadi tangan kanan muter spuit.. tangan kiri merekam adengan... jadiiii harap maklum ya gambarnya 'nyerong dikit' aku cuma berusaha menjelaskan dengan detail aja kok.... semoga bisa membantu teman-teman.




Klik saja videonya :

video

5. Siap di oven dengan api bawah 200 derajat celcius kira-kira 25 menit.

( pintu oven jangan dibuka-buka ya.. dijamin langsung kempes tuh kue... pastikan dulu sampai matang baru buka pintu oven, kecilkan saja apinya sedikit setelah 20 menit... terus kalau sudah tidak ada gelembung-gelembung dipermukaan kue soes berarti sudah matang. jangan keluarkan loyang dari oven kalau masih ada gelembung-gelembung tsb ya.... nanti kempes... setelah bener-bener matang keluarkan kue soes terus taro di rak kawat)



(tips ekstra : untuk mendapatkan kue soes yang kulitnya lembut, setelah dikeluarkan dari oven, bungkus seluruh kue soes tersebut dengan kain yang besar. dijamin kulitnya empuuuuk)



Bahan Vla :
(sudah dimodifikasi oleh aku supaya tidak terlalu manis)
400 ml susu cair
100 gr gula pasir (aslinya 150 gr)
60 gr tepung maizena
1\4 sdt garam
rebus semua bahan sampai meletup-letup lalu ambil 1 sendok sayur adonan vla campur ke
2 kuning telur, aduk-aduk sampai rata lalu tuang kembali ke adonan, angkat dr api tambahkan 1 sendok mentega, aduk sampai rata.
Bahan Vla yang ekonomis : 400 ml air + 8 sdm susu kental manis + 60 gr maizena + 4 sdm gula pasir + garam + kuning telur = cara membuatnya sama seperti diatas.


8 komentar:

Anonim mengatakan...

hi mb,salam kenal.. :)
aku udah nyobain resep sus nya,dan gagal :(
kira2 knp ya mb?sus ku selama di oven udah ngembang tapi emang ga maksimal,trus pas gelembung2nya udah ilang apinya kumatiin,ehhh kempes semua deh.padahal oven ga kubuka2 selama manggang,terigu jg kumasukin pas air sdh mendidih,kalis.trus masukin telur jg pas adonan udah dingin.aku ngaduknya ga pk mixer sih.ato krn kebanyakan ngaduk kah?

Yenny Wijaya mengatakan...

mbak keliatannya kue soes mu belum matang tuh... coba lagi aja.. jgn takut... keluarkan dr oven saat kue sdh matang benar ya...

Anonim mengatakan...

halo mba, aku mau tanya, kalo bikin soesnya pakai tepung terigu biasa bukan yang cakra bisa ga? berpengaruh ke hasil jadinya ga? thanks

Yenny Wijaya mengatakan...

bisa banget pakai terigu segitiga (krn segiriga kan serbaguna, cuma klu untuk volume lebih bervolume yg cakra)

avie mengatakan...

Mba ...tanya dong,kemarin bikin vla soes kok adonan vla -nya jadi beku setelah dingin,..jadinya di sendoki buat masukin ke kue.Salah di mana ya..?
kapan vla nya dimasukkan ke dalam kue sus,apakah tunggu hangat atau dingin ?
Terus kue soes kalau sudah dingin jadinya kayak"mlempem" gitu ya,nggak kriuk seperti waktu matang...?
tak tunggu jawabannya ya...tks banget

Yenny Wijaya mengatakan...

vlanya hangat2 hrs sudah disuntik ke dalam kulitnya... kalau makan kue sus yang kulitanya keras enak ga? enak mana dengan sus yang mengembang besar tapi lembut digigit?

Frizielia mengatakan...

Mbak, ak mau tanya knp kue sus yg ak panggang ngembang ga kempes tp kalo dibelah dalemnya masih basah ga kering, padahal klo udah di dinginkan ga kempes lho.. apa yg salah yah mbak?

Bahan Kue Sehat mengatakan...

Salam mba,bermaksud bertanya,untuk resep kulit kue soes dengan takaran bahan di atas bisa jadi berapa kulit?Kemudian apakah betul kulit kue soes bisa tahan hingga 3 hari sebelum diberikan vla?Mohon pencerahan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...